Laman

Dry Shampoo Rambut Bersih Tanpa Air

APAKAH Anda orang yang terobsesi keramas setiap hari? Jika ya, Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki kebiasaan ini. Banyak orang yang tidak percaya diri melangkah ke luar rumah tanpa mencuci rambut, entah terasa lepek dan berminyak atau hanya karena takut kotor dan berbau. Padahal, mencuci rambut setiap hari dapat membuat rambut kering dan pecah-pecah. Akibatnya, rambut makin rusak dan kehilangan kilau. Kini ada solusi bagi yang ingin rambut tetap bersih tanpa harus takut rambut menjadi kering. Dry shampoo namanya.

Dry Shampoo Batiste
Dry Shampoo

       Produk dry shampoo pertama diluncurkan pada tahun 60-an. Dry shampoo memang bukan produk inovasi terbaru, dan perempuan di tahun 60-an sudah memakai dry shampoo sebagai penyelamat rambut sementara. Namun kini dry shampoo kembali banyak dipakai oleh perempuan bahkan oleh hairstylist. Yuk cari tahu manfaat dan cara pemakaiannya.

CUCI RAMBUT TANPA AIR
     Sulit rasanya membayangkan keramas tanpa air dan sabun. Namun, kini rasa segar sehabis keramas dapat diperoleh hanya dengan menyemprotkan dry shampoo dan menyisirkannya ke rambut. Dengan demikian, rambut tidak lagi perlu berhadapan dengan bahan-bahan kimia yang dapat membuatnya menjadi kering dan rusak.

      Dry shampoo alias shampo kering adalah cairan mudah menguap yang jika disemprotkan dapat menghilangkan minyak-minyak di rambut. Dry shampoo juga memiliki aroma yang harum sehingga rambut terasa bersih dan segar. Produk yang sedang naik daun ini bekerja dengan cara menyerap minyak pada rambut, baik minyak yang dihasilkan oleh kelenjar rambut ataupun yang berasal dari hairspray dan produk rambut lainnya. Meski demikian, dry shampoo tidak akan membuat kulit kepala kering karena hanya minyak di batang rambut yang diserap.

PUNYA BANYAK MANFAAT
     Punya rambut berminyak atau kombinasi? Dry shampoo dapat membantu menghilangkan rasa lepek di rambut tanpa harus mencucinya. Rambut bau keringat, knalpot dan rokok karena naik angkutan umum? Jangan kuatir, dry shampoo dapat membuat rambut kembali harum dalam sekali semprot. Rambut disemir? Warna rambut juga bisa lebih awet dengan dry shampoo karena jarang berhadapan dengan bahan-bahan kimia shampo.

      Mencuci rambut dengan shampo biasa dapat membuat rambut menjadi licin dan sulit ditata. Jika senang bereksperimen dalam menata rambut, dry shampoo akan membuat rambut lebih mudah ditata dan hasilnya bertahan lebih lama. Belum lagi jika sibuk dan setiap pagi harus terburu-buru berangkat ke kantor, dry shampoo akan membantu menghemat waktu yang diperlukan untuk mencuci dan mengeringkan rambut.

       Dry shampoo juga salah satu produk yang wajib dibawa saat bepergian. Saat berwisata, misalnya, kita belum tentu punya waktu untuk keramas di sela-sela jadwal wisata yang padat. Produk ini juga bisa jadi penyelamat saat tidak ada air bersih untuk mencuci rambut saat berada di negeri  antah berantah.

TIDAK BISA GANTIKAN KERAMAS SELURUHNYA 
      Meski punya banyak manfaat, dry shampoo tidak dapat menyingkirkan kotoran, debu, kulit mati, dan bahan kimia lain yang dapat membuat rambut terasa berminyak. Dengan kata lain, keramas dengan dry shampoo tidak dapat membersihkan rambut sebersih keramas biasa menggunakan shampo dan air. Karena itu, penggunaan dry shampoo biasanya dianjurkan bergantian dengan shampoo biasa untuk mencegah kerusakan akibat penggunaan shampo biasa setiap hari.

     Selain itu, jika rambut sudah benar-benar kotor, jumlah dry shampoo yang diperlukan untuk membersihkan rambut akan lebih banyak.  Masalahnya, jika disemprotkan terlalu banyak dry shampoo dapat menyisakan serbuk-serbuk putih di kepala. Kita tentu tidak mau rambut malah terlihat putih seperti berketombe. Jika merasa perlu menyemprotkan dry shampoo untuk yang ketiga kalinya, berarti sudah saatnya menggunakan air dan mencuci rambut seperti biasa.

      Dry shampoo tidak boleh disemprotkan langsung ke akar rambut, apalagi digosokkan ke kulit kepala. Bahan yang terkandung di dalam dry shampoo dapat membuat pori-pori tersumbat dan terserap ke dalam kulit. Meskipun bahan kimia ini cukup aman dalam jumlah kecil, penggunaan dengan cara seperti ini setiap hari dikuatirkan dapat menimbulkan iritasi kulit, rambut, atau bahkan mengganggu kesehatan.

GUNAKAN DENGAN BENAR
      Tertarik mengikuti trend dry shampoo! Boleh saja, tapi perlu diketahui tips agar mendapat manfaat dry shampoo secara maksimal. Seperti yang dijelaskan di atas, dry shampoo sebaiknya tidak disemprotkan pada bagian akar rambut. Produk ini sebaiknya hanya disemprotkan pada batang rambut, sekitar 15 cm dari akar. Dengan demikian, shampo akan tersebar merata dan tidak menumpuk di kulit kepala. Pemberian dry shampoo pada batang rambut akan membuat rambut tampak lebih mengembang dan mudah ditata. Dry shampoo juga tidak boleh disemprotkan pada rambut yang lembab atau basah. Lagipula, untuk apa membasahi rambut jika ingin menggunakan dry shampoo!

        Setelah disemprotkan, jangan kaget jika melihat bercak-bercak putih pada rambut. Banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan dry shampoo. Akibatnya, mereka jadi terburu-buru menyisir dan menata rambut karena takut akan meninggalkan bekas. Sebaliknya, ada orang yang tidak tahu bahwa dry shampoo perlu diratakan dengan sisir ke seluruh batang rambut. Biarkan dry shampoo selama dua menit, baru sisir dan tata rambut untuk mendapatkan hasil terbaik.

Dapatkan satu paket perawatan rambut Dry Shampoo, dengan klik disini