Laman

Cara Membersihkan Wajah yang Benar

Meski kebanyakan sudah terbiasa bersentuhan dengan make up, ternyata masih banyak yang belum tahu tentang cara memilih dan memakai pembersih. Bahkan masih ada uang bermalas-malasan membersihkan kulitnya. Membersihkan wajah sepertinya merupakan kegiatan yang sangat mudah. Namun bilsa salah melakukannya, bukannya bersih, wajah anda akan bermasalah. Ini dia cara yang benar membersihkan wajah.

Membersihkan wajah secara benar adalah langkah awal dan krusial dalam merawat kulit wajah. Selain nutrisi produk perawatan kecantikan akan lebih mudah meresap, kulit yang ebrsih dan sehat akan membantu aplikasi riasan wajah semakin lembut hasilnya.

Cara Membersihkan Wajah yang Benar
Cara Membersihkan Wajah yang Benar


Rasa lelah usai beraktifitas, biasanya membuat kita malas membersihkan wajah. kebiasaan tidak baik ini, sebaiknya dihentikan karena menimbulkan kulit kering dan jerawat. Sebab itu, membersihkan wajah disarankan dilakukan secara teratur dua kali sehari, pagi dan malam. Membersihkan wajah sebaiknya dimulai bangun tidur, atau sebelum mandi. Cara ini membantu untuk mengangkat minyak yang keluar dari pori-pori saat kita tidur.

Untuk memastikan wajah bersih menyeluruh, mengandalkan air saja tentu tidak cukup. Kita perlu produk pembersih yang tepat. Aspek ini kurang mendapat perhatian kaum hawa. Padahal pemilihan pembersih yang asal-asalan bukannya membuat kulit bersih, malah kulit jadi bermasalah.

Untuk memilih sabun pembersih wajah yang baik, bisa melihat nomer registrasi dari BPOM, tanggal kadaluwarsa dan kandungan yang ada di dalamnya. Pembersih wajah yang tepat juga harus didasarkan pada tipe kulit wajah yang dimiliki oleh masing-masing individu, apakah tipe klulit berminyak, normal atau kering. Untuk kulit normal, sebaiknya memilih bentuk krim atau liquid yang  mudah larut oleh air, seperti sabun pembersih muka. untuk kulit berminyak pilihlah pembersih yang berlabel oil control atau bebas minyak (oil free). Untuk kulit kering, pilih pembersih dalam bentuk krim dengan kandungan pelembab, dan bebas wewangian. Selain itu juga, bebas sabun alias pilih produk pembersih yang tidak harus dibasuh lagi dengan air. Untuk kulit sensitif, pilih pembersih yang berlabel hypo-allergenic, tak mengandung wewangian dan sabun.

1. Memilih Cleanser
Baca secara teliti kemasannya untuk mendapatkan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit. Apakah jenis kulit anda kering, berminyak atau kombinasi?. teliti pula membaca kemasan, berguna agar kulit terhindar dari alergi atau timbul jerawat bila memakai cleanser yang tidka tepat. Cleanser yang tepat adalah cleanser yang setelah digunakan tidak menimbulkan rasa kering dan perih di wajah.

2. Membasahi wajah
Basahi wajah dengan air hangat agar kulit wajah lembab dan pori-pori kulit terbuka. Kemudian basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit cleanser di jari, gosok hingga muncul busa. Secara perlahan, bersihkan wajah sampai ke bagian leher, dengan menggunakan busa tersebut. lakukan dengan gerakan memutar sambil dipijat perlahan untuk mengeluarkan sisa kotoran pada wajah, sekaligus untuk memperlancar peredaran darah.

3. Pembilasan
Bilas wajah dengan menggunakan kain halus yang telah dibasahi air dingin atau bersihkan wajah langsung dengan air dingin. Air dingin berguna untuk menutup pori-pori. Setelah bersih, basuh wajah dan leher dengan handuk yang halus dengan cara menepuknya perlahan-lahan.

4. Menjaga Kelembaban
Terakhir, oleskan moisturizer atau pelembab agar kulit tidak kering.